Bahan Makanan Sumbang Inflasi Terbanyak

Kompas.com - 01/02/2012, 18:50 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Bahan makanan menjadi penyebab utama inflasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur di bulan Januari 2012 yang tinggi, yakni 1,94 persen. Kenaikan harga bahan makanan, menyumbang inflasi sebanyak 1,67 persen dari 1,94 persen tersebut .

Menurut Asmak Hamidah, Kepala Seksi Integrasi Pengolahan Data Statistik (IPS) Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan, beberapa komoditas bahan makanan yang naik ialah kacang panjang, sayur, buncis, bayam, daging ayam ras, dan ikan segar.

"Inflasi ini lebih tinggi dari inflasi komulatif year on year Desember lalu, yakni 6,54 persen," ujarnya, di Balikpapan, Rabu (1/2/2012).

Menurut dia, bahan makanan melonjak harganya di Balikpapan, karena kota ini mendatangkan nyaris semua bahan makanan dari daerah lain, terutama Jawa dan Sulawesi. Akhir-akhir ini pasokan juga terkendala cuaca buruk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.