Telur Ayam Picu Inflasi Jatim

Kompas.com - 01/02/2012, 12:57 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SURABAYA, KOMPAS.com - Laju inflasi di Provinsi Jawa Timur selama Januari 2012 mencapai 0,35 persen. Kenaikan harga telur ayam ras menjadi salah satu pemicunya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Irlan Indrocahyo menuturkan, angka inflasi Jatim lebih rendah dibanding nasional yang mencapai 0,76 persen. "Awal tahun ini perekonomian Jatim lebih stabil dibanding nasional," jelasnya, saat memaparkan Berita Resmi Statistik, Rabu (1/2/2012).

Menurut dia, kenaikan itu dipicu kenaikan harga untuk sejumlah komoditas. Di antaranya adalah kenaikan harga telur ayam ras. Jika pada Desember 2011 harganya masih di kisaran Rp 14.800 per kilogram, selama Januari 2012 harganya naik menjadi Rp 15.700 per kg.

Kenaikan harga juga terjadi pada tomat sayur, daging ayam ras, tiket pesawat, minyak goreng dan beras. "Kenaikan harga antara lain terjadi karena ada perayaan imlek. Paling kelihatan pada harga tiket pesawat yang naik karena ada penambahan penumpang," jelasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.