Istri Presiden Suriah Gagal Kabur

Kompas.com - 31/01/2012, 09:13 WIB
EditorKistyarini

DAMASKUS, KOMPAS.com — Aparat keamanan Suriah berusaha menyelundupkan keluarga Presiden Bashar al-Assad keluar dari Suriah, tetapi pasukan pemberontak berhasil menggagalkannya, ungkap sumber dari kelompok oposisi Suriah yang dikutip surat kabar Mesir, Al-Masry-Al-Youm, Minggu (29/1/2012).

Surat kabar itu melaporkan, tentara pemerintah berusaha membantu Asma Assad keluar dari negara itu melalui Damaskus. Asma dilaporkan hendak kabur bersama anak-anaknya serta ibu dan sepupu Bashar al-Assad.

Sebuah konvoi kendaraan pemerintah terlihat bergerak menuju bandara Damaskus, sebelum kemudian dicegat oleh satu brigade tentara pembelot, demikian Al-Masry-Al-Youm melaporkan.

Sumber-sumber itu menyebutkan, sempat terjadi baku tembak antarkedua pihak yang akhirnya menggagalkan upaya pelarian itu. Keluarga Assad pun kembali ke istana kepresidenan Suriah.

Sementara itu bentrokan bersenjata antara pasukan pemerintah dan tentara pemberontak terus terjadi di banyak tempat di Suriah. Korban sipil pun terus berjatuhan.

Menurut Pengawas Suriah untuk Hak Asasi Manusia, selama Minggu (29/1/2012), 41 warga sipil tewas di seluruh Suriah, termasuk 14 orang di Provinsi Homs dan 12 di Kota Hama. Sebanyak 31 tentara dan anggota aparat keamanan juga terbunuh. Sebagian besar tewas dalam dua serangan oleh para tentara pembelot di Provinsi Idlib.

Para aktivis mengatakan, tentara Suriah membunuh 19 orang dalam pertempuran untuk merebut kembali wilayah pinggiran Kota Damaskus dari tangan pemberontak pada Minggu. Sehari sebelumnya, Liga Arab menghentikan misi pengamatan karena meningkatnya kekerasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.