Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Kapal Berparade di Sungai Thames

Kompas.com - 18/01/2012, 22:13 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Datanglah ke London, Inggris, pada 3 Juni mendatang. Seribu kapal akan ambil bagian dalam parade di Sungai Thames yang merupakan bagian dari perayaan 60 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta di Inggris. Ini merupakan parade terbesar di Sungai Thames dalam 350 tahun ini.

”Diperkirakan lebih dari satu juta orang akan mengikuti parade kapal-kapal cantik ini di sepanjang Sungai Thames dan ratusan juta pasang mata lainnya di seluruh dunia akan mengikuti parade ini lewat televisi saat 1.000 kapal ini melakukan pelayaran penghormatan pada 3 Juni,” ujar pihak penyelenggara parade, Rabu (18/1/2012) di London.

Parade sejumlah kapal yang berdatangan dari berbagai penjuru dunia ini akan diawali oleh kehadiran kapal pesiar Queen Elizabeth II.

Pangeran Charles, putra tertua Ratu Elizabeth II dan putra mahkota Kerajaan Inggris, Rabu (18/1/2012), juga secara resmi mengumumkan parade kapal ini untuk memperingati 60 tahun ibunya bertakhta.

Wali Kota London Boris Johnson mengemukakan, parade ini akan menjadi peluang untuk memperlihatkan kepada dunia betapa hebatnya London dan sebuah tradisi mendahului pesta olahraga olimpiade yang akan berlangsung di London. Olimpide London akan dimulai 27 Juli 2012.

Parade kapal-kapal cantik di Sungai Thames ini akan berlangsung sejauh 12 kilometer menuju muara sungai. Pada hari itu semua kegiatan bisnis dan sekolah di London akan diliburkan.

Sejumlah kapal dari negara-negara persemakmuran, seperti Australia dan India, akan ambil bagian dalam parade itu. Grup musik Duran Duran juga akan tampil dengan lagu hit ”Rio” memeriahkan parade.

Sejumlah kapal dari Perang Dunia II yang ambil bagian dalam aksi evakuasi Dunkirk juga akan tampil dalam parade.

Ratu Elizabeth II lahir 21 April 1926 di London. Ia menggantikan ayahnya, Raja George VI,  yang meninggal pada 6 Februari 1952 saat Elizabeth dan Pangeran Phillip sedang di Kenya. Dia segera pulang dan dimahkotai di Westminster Abbey pada Juni 1953. Ratu Elizabeth kini berusia 86 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com