Taliban Kecam Aksi Marinir AS

Kompas.com - 12/01/2012, 15:43 WIB
EditorKistyarini

KABUL, KOMPAS.com - Taliban Afganistan mengecam aksi sejumlah anggota Marinir Amerika Serikat yang mengencingi jenazah-jenazah beberapa orang Taliban seperti yang terlihat dalam video yang kini beredar di Internet.

"Itu tindakan barbar. Selama 10 tahun terjadi ratusan kasus serupa yang tidak terungkap," kata Zabihullah Mujahed, juru bicara Taliban kepada AFP, Kamis (12/1/2012).

"Kami akan menyelidiki hal ini dan akan mengeluarkan pernyataan resmi kemudian," imbuh Mujahed.

Militer Amerika Serikat sendiri mengatakan tengah menyelidiki kebenaran video yang mereka sebut "menjijikkan" tersebut. Pentagon sendiri belum memastikan keaslian video itu.

"Apapun situasinya atau siapapun yang melakukan, kelakuan (mengencingi jenazah) itu mengerikan dan menjijikkan, dan tidak bisa diterima. Saya muak melihatnya," kata John Kirby, juru bicara Pentagon, seraya menambahkan, video itu diposting di website Live Leak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.