Bakar Diri Dikabarkan Terjadi Lagi di China

Kompas.com - 07/01/2012, 12:12 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BEIJING, KOMPAS.com — Kelompok aktivis Free Tibet yang bermarkas di London, Inggris, menyiarkan kabar bahwa aksi bakar diri kembali terjadi di China barat daya. Tidak tanggung-tanggung, aksi bakar diri ini dilakukan dua orang sekaligus.

Menurut siaran pers Free Tibet yang diedarkan Jumat (6/12/2012) tengah malam, aksi bakar diri itu terjadi Jumat siang di dekat biara di Prefektur Aba, Provinsi Sichuan, China. Para saksi mata mengatakan, pelaku aksi itu seorang pria. Aparat keamanan langsung berusaha memadamkan api dan membawa pria tersebut pergi. Kondisi terakhir orang tersebut tidak diketahui.

Pada saat bersamaan, satu orang lagi melakukan aksi yang sama tak jauh dari aksi pertama. Orang kedua ini dikabarkan tewas.

Kabar dari Free Tibet belum bisa dikonfirmasi. Seorang perempuan yang mengangkat panggilan telepon Associated Press di kantor pemerintah lokal, Sabtu (7/12/2012), mengaku tidak tahu apa pun soal insiden tersebut dan langsung menutup telepon. Panggilan ke kantor polisi lokal juga tidak diangkat.

Terlepas dari informasi terbaru Free Tibet ini, setidaknya 12 biarawan, biarawati, dan mantan biarawan telah melakukan aksi bakar diri dalam setahun terakhir. Mereka memprotes aksi represif Pemerintah China terhadap kehidupan beragama dan kultur masyarakat etnis Tibet.

Mereka juga menuntut kebebasan di Tibet dan kembalinya pemimpin spiritual mereka, Dalai Lama, yang hingga kini masih tinggal di pengasingan di Dharamsala, India. (AP/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.