Perangi Kartel Narkoba, Meksiko Beli Helikopter Rusia

Kompas.com - 31/12/2011, 12:00 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MOSKWA, KOMPAS.com -- Meksiko dikabarkan membeli tiga helikopter angkut taktis Mi-17 V-5 buatan Rusia untuk digunakan dalam misi-misi penumpasan kartel obat bius yang merajalela di negara Amerika Latin itu. Helikopter-helikoper baru ini akan mulai dikirim tahun depan.

Hal itu diungkapkan seorang sumber di lingkungan militer Meksiko kepada kantor berita RIA Novosti, Sabtu (31/12/2011). Kementerian Angkatan Laut dan Kementerian Pertahanan Meksiko, yang bertanggung jawab menjalankan misi perang melawan organisasi kriminal pedagang obat bius, menandatangani kontrak pembelian tiga heli ini dengan eksportir senjata Rusia, Rosoboronexport, pada 22 Desember.

Nilai kontrak tidak dijelaskan secara detail, hanya disebutkan helikopter buatan Kazan Helicopter Factory (KVS) itu akan diserahterimakan tahun depan.

Ketua Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev sebelumnya mengatakan, para mitranya dari Meksiko memang menunjukkan minat pada peralatan militer Rusia. "Mereka menunjukkan minat," ujar Patrushev kepada wartawan setelah kunjungan kerja ke Meksiko, November.

Helikopter Mi-17V-5 adalah versi ekspor dari helikopter angkut serbaguna militer Mi-8MTV-5, dan merupakan salah satu helikopter paling laris buatan Rusia. Helikopter, yang juga dimiliki oleh TNI AD itu, mampu membawa 36 penumpang atau empat ton kargo, dan dilengkapi layar tampilan multifungsi di kokpit dan mesin TV3-117VM yang sudah ditingkatkan kemampuannya.

Menurut para pengamat militer, helikopter buatan Rusia menyumbang 20 persen dari total pasar helikopter militer di Amerika Latin, dan baru menguasai dua persen dari pasar helikopter sipil di kawasan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.