Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi Kartel Narkoba, Meksiko Beli Helikopter Rusia

Kompas.com - 31/12/2011, 12:00 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com -- Meksiko dikabarkan membeli tiga helikopter angkut taktis Mi-17 V-5 buatan Rusia untuk digunakan dalam misi-misi penumpasan kartel obat bius yang merajalela di negara Amerika Latin itu. Helikopter-helikoper baru ini akan mulai dikirim tahun depan.

Hal itu diungkapkan seorang sumber di lingkungan militer Meksiko kepada kantor berita RIA Novosti, Sabtu (31/12/2011). Kementerian Angkatan Laut dan Kementerian Pertahanan Meksiko, yang bertanggung jawab menjalankan misi perang melawan organisasi kriminal pedagang obat bius, menandatangani kontrak pembelian tiga heli ini dengan eksportir senjata Rusia, Rosoboronexport, pada 22 Desember.

Nilai kontrak tidak dijelaskan secara detail, hanya disebutkan helikopter buatan Kazan Helicopter Factory (KVS) itu akan diserahterimakan tahun depan.

Ketua Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev sebelumnya mengatakan, para mitranya dari Meksiko memang menunjukkan minat pada peralatan militer Rusia. "Mereka menunjukkan minat," ujar Patrushev kepada wartawan setelah kunjungan kerja ke Meksiko, November.

Helikopter Mi-17V-5 adalah versi ekspor dari helikopter angkut serbaguna militer Mi-8MTV-5, dan merupakan salah satu helikopter paling laris buatan Rusia. Helikopter, yang juga dimiliki oleh TNI AD itu, mampu membawa 36 penumpang atau empat ton kargo, dan dilengkapi layar tampilan multifungsi di kokpit dan mesin TV3-117VM yang sudah ditingkatkan kemampuannya.

Menurut para pengamat militer, helikopter buatan Rusia menyumbang 20 persen dari total pasar helikopter militer di Amerika Latin, dan baru menguasai dua persen dari pasar helikopter sipil di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com