Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Merosot ke Level Terendah 5 Bulan

Kompas.com - 15/12/2011, 07:39 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Emas jatuh di bawah level 1.600 dollar AS per troy ounce. Penguatan dollar AS menahan permintaan terhadap emas sebagai aset investasi alternatif.

Kontrak emas untuk pengiriman Februari terpangkas 4,6 persen ke posisi 1.586,90 dollar AS per troy ounce di Comex, New York, semalam. Ini level penutupan terendah sejak 13 Juli lalu. Kontrak yang sama diperdagangkan di level 1.581,80 dollar AS per troy ounce pada pukul 7.03 waktu Singapura.

Dollar AS naik ke level tertinggi 11 bulan terhadap euro di tengah meningkatnya masalah pendanaan untuk mengatasi krisis di Eropa. Sementara Federal Reserve akan mempertahankan perekonomian AS dan menahan diri dalam mengambil tindakan baru untuk meningkatkan perekonomian. Ada turbulensi di pasar komoditas karena penguatan dollar.

Manajer TEAM Financial Management LLC James Dailey menilai, penurunan tajam pada harga emas mengindikasikan tingkat penjualan yang signifikan berasal dari kalangan hedge fund.

"Kami melihat risk-off yang besar karena Eropa. Investor mencari likuiditas dan menjual segala sesuatu yang bisa dijual untuk membatasi risiko," ujar Bart Melek, analis TD Securities, di Toronto. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com