Gambar Kakus Hiasi Bus Kota San Francisco

Kompas.com - 14/12/2011, 08:10 WIB
EditorEgidius Patnistik

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Para penumpang bus di San Francisco akan disuguhi poster berupa kakus di negara-negara dunia ketiga. Jelas gambarnya menunjukkan kakus yang kotor dan tidak terawat. Misinya adalah mengingatkan warga agar melakukan vaksinasi jika bepergian ke luar negeri, terutama ke negara-negara dunia ketiga. Upaya ini dilakukan oleh Departemen Kesehatan Negara Bagian California.

Pamela Axelson, perawat yang membantu mendirikan Klinik Imunisasi dan Perjalanan Dewasa, menyatakan, kampanye tersebut ditujukan bagi orang dari Amerika Tengah serta warga Filipina atau Asia Tenggara yang saat ini tinggal di San Francisco dan ingin kembali ke negara mereka untuk menemui keluarga. Axelson mengatakan, beberapa orang memiliki asumsi yang salah bahwa mereka telah memiliki kekebalan alami dari penyakit seperti Hepatitis A dan malaria.

”Mereka sudah berada di sini selama 20 atau 30 tahun, mereka sudah kehilangan kekebalan yang mungkin dimiliki sebelumnya,” ujar Axelson. ”Mereka mudah terpapar bakteri yang ditemukan di makanan dan air di kampung halaman mereka, seperti yang tergambar pada poster itu,” katanya lagi.

Axelson merekomendasikan orang yang hendak bepergian untuk terlebih dahulu mengunjungi klinik dan menerima vaksin agar tidak tertular penyakit. (UPI/Joe)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.