Korut Harus Ubah Perilaku

Kompas.com - 12/12/2011, 14:59 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Utusan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Korea Utara (Korut), Glyn Davies, memberikan catatan dalam upaya membuka kembali dialog soal nuklir Korut. "Korut harus mengubah perilakunya," katanya memberikan penekanan.

Bagi Davies, kemudian, agar dialog kembali berjalan, Korut harus menghentikan provokasi. "Korut juga harus memenuhi tanggung jawabnya, melakukan denuklirisasi," katanya, sebagaimana warta AFP, Senin (12/12/2011).

Di mata AS dan negara-negara Barat lainnya Korut telah melakukan pengayaan uranium. Korut dengan kemampuan ini bisa saja memproduksi senjata nuklir.

Sementara pihak Korut bersikeras mengatakan bahwa pengayaan tersebut untuk tujuan pengelolaan energi listrik.

Korut, sejak April 2009 menghentikan negosiasi dengan pihak-pihak terkait nuklir tersebut. Sampai saat ini belum ada titik temu untuk melanjutkan proses dialog tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.