Dianggap Curang, Putin Tetap Melenggang

Kompas.com - 10/12/2011, 16:10 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Faktanya, Partai Rusia Bersatu memenangi pemilihan umum (pemilu) parlemen Rusia. Pemimpin partai ini adalah perdana menteri petahana Rusia, Vladimir Putin. Menurut warta AP dan AFP pada Sabtu (10/12/2011), aroma kecurangan pun segera merebak.

Sebelumnya, Komisi Pemilu Rusia mengumumkan kalau Partai Rusia Bersatu meraih 49 persen suara. Sebaliknya, tiga partai lainnya harus berbagi 53 persen sisa suara. Ketiga partai pesaing ini pun sejatinya tak memenuhi ambang batas 3 persen.

Adalah kelompok oposisi dan pengamat internasional yang mencium bau kecurangan. Ada yang menemukan kenyataan kalau anggota Komisi Pemilu Rusia malahan bersikap berbeda dengan hasil penghitungan tadi. "Partai Rusia Bersatu diistimewakan dibandingkan partai lain," kata anggota Komisi Pemilu Rusia Yefgeny Kolyushin.

Selanjutnya, kelompok oposisi mencatat ada sejumlah pelanggaran dalam pemilu parlemen Rusia. Kubu oposisi mengatakan, pelanggaran antara lain terjadi dalam bentuk pengisian kotak suara ataupun tawaran imbalan uang kepada sejumlah pemilih.

Sejak penghitungan hasil pemilu diumumkan awal pekan ini, kelompok oposisi sudah melakukan protes. Ribuan orang yang berseberangan dengan Putin melakukan unjuk rasa di Moskwa dan kota-kota besar lainnya. Unjuk rasa diperkirakan akan berlanjut, setelah hasil pemilu ini diumumkan. "Rakyat Rusia akan terus turun ke jalan karena mereka dirugikan akibat situasi politik sekarang," kata Yevgeniya Chirikova, pemimpin unjuk rasa.

Pihak berwenang membubarkan unjuk rasa dengan paksa. Lalu, ratusan demonstran, termasuk beberapa tokoh oposisi, ditangkap.

Mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, sudah meminta secara terbuka agar digelar pemilihan ulang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.