Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amnesti Internasional: Tangkap Bush di Afrika!

Kompas.com - 02/12/2011, 13:03 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com Lembaga advokasi hak asasi manusia Amnesti Internasional menyerukan kepada Pemerintah Ethiopia, Tanzania, dan Zambia untuk menangkap George W Bush saat mantan Presiden Amerika Serikat itu mengunjungi Afrika pekan ini. Lembaga tersebut menyebut Bush telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Demikian bunyi pernyataan Amnesti Internasional yang dilansir di New York, AS, Kamis (1/12/2011) waktu setempat. "Hukum internasional mengatur tak ada tempat berlindung bagi mereka yang bertanggung jawab dalam aksi penyiksaan. Ethiopia, Tanzania, dan Zambia harus memanfaatkan kesempatan ini untuk memenuhi kewajiban mereka dan mengakhiri kekebalan hukum yang telah dinikmati George W Bush selama ini," tutur penasihat hukum senior Amnesti Internasional, Matt Pollard, dalam pernyataan tersebut.

Bush telah mengizinkan dan membela penggunaan berbagai teknik interogasi para tersangka teroris yang oleh para advokat HAM disebut sebagai bentuk penyiksaan. Salah satu teknik yang paling terkenal adalah waterboarding, yakni menyiram muka tersangka dengan air dalam keadaan tengadah untuk menciptakan sensasi seperti tenggelam.

Februari lalu, beberapa kelompok pembela HAM mengatakan, Bush terpaksa membatalkan kunjungan ke Swiss karena adanya ancaman langkah hukum terkait tuduhan penyiksaan ini. Pihak pengundang waktu itu hanya mengatakan, mereka membatalkan partisipasi Bush karena pertimbangan keamanan.

Bush dikabarkan akan mengunjungi beberapa negara Afrika pekan ini pada sebuah acara untuk meningkatkan kesadaran mengenai bahaya kanker. Departemen Luar Negeri AS belum memberikan komentar tentang seruan Amnesti Internasional ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com