Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Perusahaan RI ke Afrika Selatan

Kompas.com - 01/12/2011, 02:44 WIB

Johannesburg, Kompas - Enam perusahaan asal Indonesia mengikuti misi dagang ke Afrika Selatan. Misi yang dipimpin langsung Menteri Perdagangan Gita Wirjawan tersebut menargetkan kenaikan volume ekspor. Peluang bisnis yang ada akan dikembangkan sebagai alternatif di tengah pelambatan permintaan global, khususnya di Eropa dan Amerika Serikat.

Wartawati Kompas Eny Prihtiyani melaporkan, enam perusahaan yang terlibat tersebut adalah PT Aneka Coffe Industry, PT Prasidha Aneka Maga, PT Sandratex, PT Gadjah Tunggal, PT Garuda Food, dan PT Asia Pulp & Paper. Pertemuan digelar di Kota Johannesburg hari ini, Kamis (1/12). Sekitar 60 pelaku bisnis di Afrika Selatan akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Gatot Prasetyo Adji di Johannesburg, Rabu, mengatakan, misi dagang tersebut adalah yang pertama kalinya bagi Indonesia. ”Selama ini promosi dagang hanya melalui pameran saja. Lewat acara tersebut diharapkan hubungan dagang dengan Afrika Selatan makin masif,” ujarnya.

Gatot mengatakan, hubungan dagang dengan Afrika Selatan selama ini masih terkendala hambatan tarif. Besarnya tarif yang dikenakan atas produk Indonesia mencapai 35 persen. ”Kalau dari sisi transportasi tidak ada kendala. Untuk pengapalan dari Indonesia ke sini butuh waktu sekitar 30-40 hari,” katanya.

Wakil Ketua Indonesia Trade Promotion Center Johannesburg Rita Tri Mutiawati mengatakan, dengan pendapatan per kapita sekitar 10.500 dollar per tahun menjadikan Afrika Selatan pasar yang menarik. ”Beberapa negara seperti China juga sudah gencar menjajaki Afrika. Jadi, Indonesia juga harus terlibat dalam kompetisi dagang,” paparnya.

Sebelumnya Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, misi dagang ke Afrika digelar untuk mengantisipasi pelambatan permintaan global. Krisis di kawasan Euro dan Amerika Serikat akan berimbas ke ekspor Indonesia. Untuk mengantisipasi perlu dilakukan diversifikasi tujuan ekspor, salah satunya ke Afrika Selatan. Selain itu, rencananya Kementerian Perdagangan juga akan menggelar misi dagang ke Brasil.

Afrika Selatan merupakan pemain ekonomi terbesar di Benua Afrika dengan produk domestik bruto (PDB) sebesar 25 persen dari total PDB Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com