Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Sipil Suriah Terbesar Dibanding Negara Arab Lain

Kompas.com - 29/11/2011, 12:57 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa memastikan jumlah korban tewas akibat aksi represif militer Suriah adalah yang terbesar dan terbanyak jika dibandingkan dengan aksi-aksi serupa, yang dilakukan sejumlah rezim diktator lain di sejumlah negara Arab dalam gelombang reformasi di kawasan itu beberapa waktu lalu.

Tercatat hingga sekarang jumlah korban tewas di Suriah sejak Maret lalu telah mencapai kisaran 3.500 orang. Padahal jumlah korban tewas yang jatuh semasa gerakan reformasi berlangsung di sejumlah negara seperti Mesir, Tunisia, dan Yaman angkanya hanya mencapai ratusan orang.

Diakui boleh jadi jumlah korban tewas di Libya bisa mendekati angka yang ada di Suriah. Akan tetapi besarnya korban tewas di Libya lebih karena perang saudara yang berkecamuk di sana, yang memang melibatkan dua kelompok bersenjata sementara kondisi di Suriah sangat berbeda di mana militer berhadapan dengan warga sipil.

Terhadap hasil investigasi Dewan HAM PBB itu pemerintah Suriah bergeming dan tak kunjung bereaksi. Namun rezim otoriter Presiden Bashar al-Assad mengambil sikap keras terhadap ancaman sanksi yang dijatuhkan Liga Arab sebelumnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com