Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Yingluck Keracunan Makanan

Kompas.com - 29/11/2011, 11:14 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra dilarikan ke rumah sakit, Selasa (29/11/2011), setelah diduga keracunan makanan yang menyebabkan diare. Rapat kabinet pun terpaksa dipimpin deputi PM.

"Dia sekarang dirawat di RS Praram 9 karena terkena diare akibat keracunan makanan," ungkap Juru Bicara Pemerintah Thailand, Titima Chaisang, kepada wartawan.

Perempuan perdana menteri pertama di Thailand itu langsung dihadapkan pada masalah besar yang melanda negerinya, begitu dilantik pada Agustus. Banjir terbesar di Thailand dalam 50 tahun terakhir menimbulkan ratusan korban jiwa. Banjir juga menyebabkan kerusakan besar, juga menghantam perekonomian Thailand karena melumpuhkan pusat-pusat industri terbesar dan mengganggu sektor pariwisata negara itu.

Yingluck berjuang keras memimpin pemerintahan mencegah banjir melanda pusat kota Bangkok. Meski hingga saat ini pusat kota Bangkok masih selamat dari air bah, Yingluck mendapat kritik keras karena dianggap terlalu lambat menangani bencana banjir.

Selain soal banjir, PM berusia 44 tahun ini juga dikritik karena dituduh akan memberikan amnesti bagi kakaknya, mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, yang kini berada di pengasingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com