Perisai Rudal Eropa Jalan Terus

Kompas.com - 25/11/2011, 02:17 WIB
Editor

Washington DC, Rabu - AS menyatakan, program penggelaran sistem pertahanan antirudal di Eropa timur jalan terus sesuai rencana meski pihak Rusia mengeluarkan pernyataan keras menentang program tersebut. AS kembali menegaskan, program perisai rudal Eropa tersebut tidak ditujukan terhadap Rusia.

”Melalui berbagai saluran, kami telah menjelaskan kepada para pejabat Rusia bahwa sistem pertahanan antirudal yang akan dipasang di Eropa tidak untuk dan tidak bisa mengancam sistem pertahanan strategis Rusia,” ujar juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Tommy Vietor di Washington DC, AS, Rabu (23/11).

Sehari sebelumnya, Presiden Rusia Dmitry Medvedev melontarkan pernyataan mengejutkan dengan mengatakan, Rusia akan menempatkan sistem rudal penyerangnya di dekat perbatasan dengan Uni Eropa jika AS tak menghentikan rencana perisai rudal Eropa itu. Rudal-rudal tersebut, antara lain rudal balistik Iskander, akan dilengkapi hulu ledak yang mampu menghancurkan pertahanan AS dan NATO.

Medvedev juga mengancam akan keluar dari semua proses perlucutan senjata yang disepakati dengan AS, termasuk perjanjian Strategic Arms Reduction Treaty (Start), yang mengikat kedua negara untuk mengurangi jumlah senjata nuklir masing- masing.

Vietor mengatakan tak ada ancaman apa pun yang bisa dijadikan alasan Rusia mundur dari Start. Ia berharap Rusia kembali bekerja sama dengan AS dan sekutu-sekutunya untuk meningkatkan keamanan Eropa dan Rusia dari ancaman serangan rudal Iran. ”Akan tetapi, dalam menyusun kerja sama ini, kami tak akan dengan cara apa pun membatasi atau mengubah rencana penggelaran (sistem pertahanan antirudal) ini di Eropa,” kata Vietor. (AFP/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.