Thaksin Emoh Pulang Kampung

Kompas.com - 23/11/2011, 19:36 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand yang sedang dalam pelarian, Thaksin Shinawatra, mengaku tak punya niat pulang kembali ke tanah airnya. Padahal, sebagaimana warta AFP pada Rabu (23/11/2011), sudah ada anjuran dari pemerintahan PM Yingluck Shinawatra agar Thaksin kembali ke Thailand dan mendapatkan pengampunan dari Raja Bhumibol Adulyadej. Yingluck adalah adik kandung Thaksin.

Dalam konferensi pers di Seoul, Korea Selatan, Thaksin mengatakan dirinya akan kembali ke Thailand kalau rekonsiliasi di "Negeri Gajah Putih" itu terwujud. Sementara, Raja Bhumibol akan memberikan pengampunan pada Senin (5/12/2011). Tanggal itu adalah hari ulang tahun Raja Bhumibol.

Saat ini, Thaksin yang dikudeta militer pada tahun 2006, tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab. Pelarian itu dilakukannya demi menghindari hukuman penjara dua tahun di Thailand.

Sementara kalangan berpandangan, kepulangan Thaksin memang bisa memunculkan gejolak di Thailand. Maksudnya, akan muncul lagi kubu pendukung dan penentang yang bakal bersinggungan. "Hal itu bisa meningkatkan tensi politik," kata mereka.

Di pihak Thaksin, pria yang kini berusia 62 tahun itu mengklaim diri sebagai korban ketidakadilan. "Saya siap mengorbankan diri dan tinggal di pelarian," katanya.

Soal anjuran pulang kampung itu, Thaksin berkomentar,"Saya tak ingin menjadi bagian dari problem. Saya adalah bagian dari solusi rekonsiliasi di Thailand," katanya menekankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.