Pendapatan Pariwisata Thailand Kian Susut

Kompas.com - 17/11/2011, 18:41 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Semakin lama air menggenangi Thailand, semakin susut pula pendapatan negeri itu dari sektor pariwisata. Riset paling gres dari Pusat Riset Bank Kasikorn pada Kamis (16/11/2011) menunjukkan, pada periode enam bulan kedua 2011, ada penurunan pendapatan hingga 8,7 juta dollar AS.

Secara total, banjir terburuk sejak 50 tahun silam itu, menurut riset tersebut, hingga akhir 2011, membuat kemungkinan penyusutan pendapatan pariwisata dari posisi 105 juta dollar AS ke posisi 96,3 juta dollar AS.

Industri pariwisata Thailand menghadapi problem banjir sejak Juli lalu. Seluruh wilayah di kawasan utara, timur laut, dan pusat Thailand terendam air bah. Tak cuma itu, ibu kota Bangkok pun seolah menjadi rawa-rawa.

Sampai kini, menurut warta Xinhua dan Bangkok Post, dari 77 provinsi di Thailand, 64 di antaranya dilanda banjir. Banjir menyengsarakan 13 juta warga dan sudah menewaskan 567 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.