Beramai-ramai Bantu Investasi Kamboja

Kompas.com - 10/11/2011, 14:51 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Empat negara anggota Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) beramai-ramai menggelontorkan dana permodalan bagi salah satu anggota, Kamboja. Untuk sembilan bulan pertama tahun ini, Kamboja mendapat 476 juta dollar AS. Menurut warta Xinhua pada Kamis (10/9/2011), angka ini pada periode sama setahun silam naik 66 persen.

Pada Januari hingga September 2011, Vietnam memberikan dana investasi sebesar 246 juta dollar AS. Lalu, Malaysia menyokong 114 juta dollar AS. Pada urutan berikutnya adalah 19 juta dollar AS dari Singapura dan 2 juta dollar AS dari Thailand.

Tercatat sejak 1994 hingga September 2011, Malaysia menjadi investor terbesar dari ASEAN untuk Kamboja. Secara akumulatif, investasi Malaysia mencapai 2,6 miliar dollar AS. Berada di belakang Malaysia adalah Vietnam dengan investasi total mencapai 812 juta dollar AS.

Investor ketiga dan keempat terbesar selanjutnya adalah Singapura dengan porsi 746 juta dollar AS serta Thailand dengan fulus sebanyak 636 juta dollar AS.

Keempat negara, lalu, berinvestasi di pelbagai sektor bisnis seperti pertanian, khususnya beras dan karet, industri garmen dan material konstruksi, sumber-sumber mineral, pariwisata, penerbangan, telekomunikasi, serta perbankan dan keuangan.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.