Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beramai-ramai Bantu Investasi Kamboja

Kompas.com - 10/11/2011, 14:51 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Empat negara anggota Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) beramai-ramai menggelontorkan dana permodalan bagi salah satu anggota, Kamboja. Untuk sembilan bulan pertama tahun ini, Kamboja mendapat 476 juta dollar AS. Menurut warta Xinhua pada Kamis (10/9/2011), angka ini pada periode sama setahun silam naik 66 persen.

Pada Januari hingga September 2011, Vietnam memberikan dana investasi sebesar 246 juta dollar AS. Lalu, Malaysia menyokong 114 juta dollar AS. Pada urutan berikutnya adalah 19 juta dollar AS dari Singapura dan 2 juta dollar AS dari Thailand.

Tercatat sejak 1994 hingga September 2011, Malaysia menjadi investor terbesar dari ASEAN untuk Kamboja. Secara akumulatif, investasi Malaysia mencapai 2,6 miliar dollar AS. Berada di belakang Malaysia adalah Vietnam dengan investasi total mencapai 812 juta dollar AS.

Investor ketiga dan keempat terbesar selanjutnya adalah Singapura dengan porsi 746 juta dollar AS serta Thailand dengan fulus sebanyak 636 juta dollar AS.

Keempat negara, lalu, berinvestasi di pelbagai sektor bisnis seperti pertanian, khususnya beras dan karet, industri garmen dan material konstruksi, sumber-sumber mineral, pariwisata, penerbangan, telekomunikasi, serta perbankan dan keuangan.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com