Sudan Selatan Mau Jadi Anggota Persemakmuran

Kompas.com - 29/10/2011, 14:41 WIB
EditorEgidius Patnistik

PERTH, KOMPAS.com — Negara terbaru dunia, Sudan Selatan, ingin menjadi anggota Persemakmuran. Demikian kata asisten sekjen organisasi itu, Stephen Cutts, Sabtu (29/10/2011).

Cutts mengatakan, negara Afrika yang tidak memiliki pelabuhan laut itu—yang mengumumkan kemerdekaan dari Sudan, Juli, setelah perang saudara yang lama—mengakui adanya keuntungan menjadi bagian dari kelompok yang beranggotakan 54 negara itu. 

"Negara terbaru Sudan Selatan itu menyampaikan keinginannya untuk menjadi anggota Persemakmuran segera setelah negara itu berdiri," katanya kepada stasiun televisi Australian Broadcasting Corporation (ABC). "Saya tahu ada negara-negara lain (ingin bergabung)," tambahnya tanpa menyebut nama negara-negara itu.

Cutts mengatakan, keinginan Sudan Selatan itu menunjukkan bahwa Persemakmuran, yang terutama terdiri dari  bekas koloni-koloni Inggris, tetap relevan dan memberikan keuntungan-keuntungan kepada para anggotanya.

Satu forum bisnis Persemakmuran yang mengawali pertemuan para pemimpinnya pekan ini di Perth menghasilkan perjanjian sekitar 10,5 miliar dollar, sebagian besar dipusatkan pada sektor-sektor sumber-sumber alam Afrika, demikian perkiraan para penyelenggara.

Sudan Selatan memperoleh kemerdekaan dari Sudan Utara yang berpenduduk mayoritas Arab setelah penduduknya yang berjumlah lebih dari delapan juta jiwa, yang sebagian besar penganut Kristen atau kepercayaan tradisional Afrika, dengan suara mayoritas besar mendukung satu referendum mengenai pemisahan diri pada Januari. Negara itu, yang juga salah satu dari negara-negara termiskin di dunia, menjadi anggota PBB pada 14 Juli dan ikut bergabung dengan Uni Afrika pada 28 Juli.

Dua negara yang bergabung dalam Persemakmuran baru-baru ini, Rwanda dan Mozambik, tidak pernah menjadi koloni Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.