Ipar: Tony Blair Itu Penjahat Perang

Kompas.com - 26/10/2011, 15:23 WIB
EditorKistyarini

LEIDEN, KOMPAS.com — Beberapa pekan lalu, Amnesty International mengusulkan agar mantan Presiden Amerika Serikat, George W Bush, diajukan ke pengadilan atas kejahatan perang di Irak. Kini giliran mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, yang diusik untuk kejahatan yang sama.

Yang mengejutkan, gagasan itu diajukan oleh adik ipar Blair sendiri, Lauren Booth, seorang wartawan dan aktivis pro-Palestina. Booth berpendapat Blair seharusnya diajukan ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

"Tony Blair itu penjahat perang," kata Booth saat menghadiri sebuah konferensi yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Leiden, Belanda. Demikian dilaporkan Radio Nederland, Rabu (26/10/2011).

Booth mengaku sudah tidak berbicara lagi dengan Blair, meskipun merupakan saudara ipar. Booth beralasan, Blair adalah pembunuh massa yang harus diajukan ke ICC untuk kasus kejahatan perang.

"Saya serius. Banyak gerakan yang tengah mengupayakan ini. Semoga mereka berhasil," ucap adik tiri Cherie Blair itu.

Tahun lalu, Booth menjadi berita besar di Inggris karena memutuskan untuk menjadi muslimah.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X