Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Suriah Tarik Dubes dari AS

Kompas.com - 25/10/2011, 13:09 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Suriah telah menarik duta besarnya untuk Washington, kata stasiun televisi pemerintah, tak lama setelah Amerika Serikat menyatakan telah menarik dubesnya dari Damaskus karena alasan keselamatan.

Krisis diplomatik terakhir antara Damaskus dan Washington terjadi saat 16 orang, menurut laporan, tewas dalam kekerasan baru, termasuk delapan warga sipil, dalam demonstrasi di kota Homs di Suriah tengah dan tentara bentrok dengan pembelot militer.

"Dubes Suriah untuk AS Imad Mustapha akan meninggalkan Washington ke Damaskus untuk mengadakan konsultasi dengan para pemimpin Suriah," kata televisi Al-Ikhbariya, Selasa (25/10/2011).

Sebelumnya, seorang pejabat Kedubes AS mengatakan bahwa Dubes Robert Ford, seorang pengkritik terbuka tindakan keras terhadap para penentang politik oleh Presiden Bashar al-Assad, telah meninggalkan Suriah untuk jangka waktu yang tak ditentukan karena alasan keamanan.

Deplu AS mengatakan, Ford ditarik karena "ancaman yang dapat dipercaya" terhadap keselamatannya.

"Dubes Robert Ford akan pergi untuk jangka waktu tak ditentukan, Washington memutuskan untuk menyerahkan padanya kepergian itu karena kekhawatiran mengenai keselamatan pribadinya," kata pejabat kedutaan tersebut pada AFP.

Ford mendapat kecaman keras dari para pendukung rezim di Damaskus yang menuduhnya telah membantu menghasut kekerasan di negara itu. Dubes itu juga telah membuat marah rezim dengan mengunjungi pusat demonstrasi di luar ibu kota dalam unjuk solidaritas pada demonstran prodemokrasi.

Juru bicara Deplu AS, Victoria Nuland, mengatakan, komentar mengenai Ford di surat kabar resmi Suriah telah menyebabkan keputusan untuk menariknya.

Menurut Nuland, Ford akan kembali ke Damaskus "setelah konsultasinya selesai" di Washington, dan menekankan bahwa Suriah memiliki kewajiban internasional untuk menjamin keselamatan duta besar itu.

Sementara itu kedubes AS akan "terus melakukan pekerjaannya seperti biasa" dengan ketidakhadiran Ford, katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com