Arab Saudi Berencana Beli Senjata AS Lagi

Kompas.com - 11/10/2011, 10:48 WIB
EditorEgidius Patnistik

MOSKWA, KOMPAS.com — Arab Saudi berencana untuk mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai pembelian sistem artileri senilai 186 juta dollar AS, kata situs Arab Elaf yang mengutip sumber pejabat tinggi di pemerintahan Saudi.

Bulan lalu, kedua pihak setuju mengenai rincian kesepakatan mendatang, kata Washington yang akan memasok 36 senjata 155-mm  dan 54 senjata 105-mm, kata sumber itu.

Pada Oktober 2010, Presiden AS Barack Obama mengumumkan kontrak ekspor senjata terbesar dalam sejarah negara itu. Amerika Serikat akan memasok sejumlah senjata ke Arab Saudi senilai 60 miliar dollar AS.  Pemesanan itu termasuk 84 jet tempur baru F-15 dan kontrak untuk meng-upgrade 70 F-15 yang sudah dalam tugas pelayanan pada angkatan udara Saudi. Washington juga akan memberikan 70 helikopter Apache, 72 helikopter Black Hawk, 36 Little Birds, dan 12 helikopter MD-530F serta sejumlah roket, bom, dan peralatan tempur lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X