Milan Terapkan Hari Bebas Kendaraan

Kompas.com - 09/10/2011, 10:28 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorJimmy Hitipeuw

MILAN, KOMPAS.com - Ternyata, tak hanya Jakarta yang memiliki masalah polusi. Milan, sebuah kota mode di bagian utara Italia, menderita peningkatan polusi dalam beberapa waktu terakhir ini.

Bahkan, berdasarkan citra satelit, Milan menjadi salah satu kota dengan polusi udara tertinggi di Eropa. Saat ini, polusi udara di Milan melebihi 50 mg mikrogram partikulat per meter kubik udara selama 12 hari. Akhirnya, pemerintah kota Milan menerapkan hari bebas kendaraan setiap hari Minggu.

Tak kurang sekitar 120.000 kendaraan  terpengaruh oleh kebijakan ini. Semua kendaraan bermotor dilarang melintas di jalan-jalan di Milan selama 10 jam pada hari Minggu dalam upaya untuk mengurangi asap.

Sementara itu, kendaraan dengan kadar polisi tertinggi telah dilarang mengemudi melewati pusat kota sejak Kamis. Sebelumnya, pemerintah kota Milan pernah menerapkan hari bebas kendaraan pada tahun 2007.

Hal ini dipicu pencemaran udara yang melebihi batas yang diterapkan, yakni 12 hari berturut-turut. Kebijakan pemerintah kota Milan mengundang kritikan dari aktivis lingkungan.

Mereka berpendapat, alih-alih menerapkan hari bebas kendaraan, pemerintah kota Milan seharusnya meningkatkan layanan transportasi umum. Dengan demikian, warga akan beralih ke transportasi umum.

Enrico Fedrighini dari Partai Hijau mengatakan, mobil yang berpenumpang tiga hingga empat orang perlu diberi insentif berupa parkir gratis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Satu hingga dua kali hari bebas kendaraan setiap bulan tak menyelesaikan masalah polusi," kata Fedrighini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X