Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milan Terapkan Hari Bebas Kendaraan

Kompas.com - 09/10/2011, 10:28 WIB
Hindra Liu

Penulis

MILAN, KOMPAS.com - Ternyata, tak hanya Jakarta yang memiliki masalah polusi. Milan, sebuah kota mode di bagian utara Italia, menderita peningkatan polusi dalam beberapa waktu terakhir ini.

Bahkan, berdasarkan citra satelit, Milan menjadi salah satu kota dengan polusi udara tertinggi di Eropa. Saat ini, polusi udara di Milan melebihi 50 mg mikrogram partikulat per meter kubik udara selama 12 hari. Akhirnya, pemerintah kota Milan menerapkan hari bebas kendaraan setiap hari Minggu.

Tak kurang sekitar 120.000 kendaraan  terpengaruh oleh kebijakan ini. Semua kendaraan bermotor dilarang melintas di jalan-jalan di Milan selama 10 jam pada hari Minggu dalam upaya untuk mengurangi asap.

Sementara itu, kendaraan dengan kadar polisi tertinggi telah dilarang mengemudi melewati pusat kota sejak Kamis. Sebelumnya, pemerintah kota Milan pernah menerapkan hari bebas kendaraan pada tahun 2007.

Hal ini dipicu pencemaran udara yang melebihi batas yang diterapkan, yakni 12 hari berturut-turut. Kebijakan pemerintah kota Milan mengundang kritikan dari aktivis lingkungan.

Mereka berpendapat, alih-alih menerapkan hari bebas kendaraan, pemerintah kota Milan seharusnya meningkatkan layanan transportasi umum. Dengan demikian, warga akan beralih ke transportasi umum.

Enrico Fedrighini dari Partai Hijau mengatakan, mobil yang berpenumpang tiga hingga empat orang perlu diberi insentif berupa parkir gratis.

"Satu hingga dua kali hari bebas kendaraan setiap bulan tak menyelesaikan masalah polusi," kata Fedrighini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com