Hyun Bin Promosikan Senjata Korea di Indonesia

Kompas.com - 05/10/2011, 11:20 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com — Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan menyatakan bahwa aktor Hyun Bin melakukan kunjungan ke Indonesia selama tiga hari sebagai duta militer, 5-7 Oktober, demikian laporan dari laman Korea Herald.

Sejumlah agenda menanti aktor yang kini bergabung dengan Korps Marinir Korea Selatan itu selama kunjungannya di Indonesia. Dia dijadwalkan menghadiri upacara hari jadi TNI di Jakarta pada Rabu (5/10/2011), juga akan mengunjungi Korps Marinir Indonesia.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, kunjungan itu atas undangan Pemerintah Indonesia, di saat Secret Garden, drama televisi yang dibintangi Hyun Bin, sedang cukup populer.

Setelah melalui perdebatan, Kementerian Pertahanan Korea Selatan akhirnya memenuhi undangan itu dan melihatnya sebagai peluang untuk mempromosikan industri persenjataan Korea Selatan.

"Indonesia merupakan negara yang penting buat Korea Selatan karena adanya ekspor peralatan militer kami, seperti jet latih T-50 dan kapal selam. Kami bisa menaikkan citra militer hanya dengan menampilkan bintang-bintang Korea yang menjadi anggota militer," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dikutip harian Chosun Ilbo, Selasa (4/10/2011)

Selama di Indonesia, Hyun Bin akan didampingi seorang perwira angkatan laut.

Namun, dalam kunjungan ini Hyun Bin tidak dalam kapasitas sebagai aktor yang menjadi tentara ataupun tentara yang bertugas dalam unit hubungan masyarakat dari militer. Dia hanya akan menjadi seorang anggota pasukan tempur biasa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian Pertahanan Korea Selatan tampaknya sudah memperhitungkan bakal ada kritik terkait pengiriman Hyun Bin. Kunjungan ke Indonesia ini juga bukan kunjungan pertamanya sebagai anggota marinir.

Dalam sebulan terakhir, Hyun Bin cukup sering tampil di muka publik sebagai anggota marinir. Selain tampil dalam berbagai acara militer, dia juga menjadi bintang "iklan" untuk mempromosikan korps marinir.

Hyun bergabung dengan Korps Marinir Korea Selatan sejak Mei 2011. Dia bertugas di Brigade ke-6 di Pulau Baeknyeong.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X