Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan "Jui Hsing" Bisa Kotori Laut

Kompas.com - 03/10/2011, 20:33 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kecelakaan kapal "Jui Hsing" dikhawatirkan bisa mengotori laut di kawasan pantai Taiwan. Pasalnya, kapal berbobot 11.500 ton itu robek bagian tengahnya dan menumpahkan minyak ke perairan. Hal itulah yang menjadi perhatian serius otoritas lingkungan.

Sementara itu, sebagai dampak kecelakaan tersebut, empat pelaut dikonfirmasikan tewas. Lalu, enam orang hilang setelah para penolong menyelamatkan 11 orang dari kapal barang milik Taiwan namun terdaftar di Panama tersebut.

Menurut warta AFP pada Senin (3/10/2011), regu penolong akan terus melakukan pencarian dan penyelamatan meski cuaca buruk melanda. Di antara para pelaut yang tewas adalah dua dari Taiwan, satu dari Myanmar dan satu lagi dari Indonesia. Enam orang lainnya dinyatakan hilang juga dari tiga negara, namun tidak ada rincian diberikan oleh pusat komando.     Kemungkinan terjadinya kecelakaan telah diperingatkan otoritas perlindungan lingkungan Taiwan, yang telah memerintahkan pekerja untuk mengatur perintang pelabuhan di sepanjang garis pantai sepanjang hampir satu kilometer (0,6 mil).     "Ini tidak segera jelas berapa banyak dari 275 ton minyak di dalam kapal yang telah bocor, tapi kami sudah meminta pemilik kapal untuk mempresentasikan rencana pembersihan," kata Shenyi-fu, seorang pejabat dari Administrasi Perlindungan Lingkungan.    
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com