Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir

Kompas.com - 28/09/2011, 04:36 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com — Tiga personel pasukan keamanan India dan tiga gerilyawan telah tewas dalam baku tembak di sebuah distrik Kashmir, India, yang berbatasan dengan wilayah negara bagian yang terbagi dan diperintah oleh Pakistan itu.

"Pertempuran itu meletus pada Senin dan berlanjut Selasa," kata seorang pejabat polisi India yang tidak ingin diungkapkan jati dirinya.

"Sejauh ini tiga gerilyawan, dua polisi, dan satu perwira militer telah tewas," kata pejabat tersebut, yang menambahkan bahwa baku tembak itu meletus di distrik Kupwara di Kashmir utara ketika polisi dan militer menyerang sebuah tempat persembunyian gerilyawan.

Kupwara berbatasan dengan Kashmir yang diperintah Pakistan.

Wilayah Himalaya itu dibagi antara India dan Pakistan yang bersenjata nuklir, tetapi diklaim oleh kedua negara itu.

Perselisihan itu telah memicu dua dari tiga perang yang dilakukan oleh dua tetangga tersebut sejak merdeka dari pemerintah kolonial Inggris pada 1947.

Menurut hitungan resmi, 47.000 orang telah tewas di Kashmir dalam lebih dari dua dasawarsa perlawanan gerilyawan terhadap pemerintah New Delhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com