Presiden Kolombia Tunjuk Menteri Lingkungan Baru

Kompas.com - 20/09/2011, 10:11 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

BOGOTA, KOMPAS.com - Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menunjuk ekonom Frank Pearl sebagai menteri lingkungan yang baru. Sebagai tugas pertama, Frank harus menyelesaikan proses perizinan lingkungann yang selama ini berjalan lamban.

Selama ini perizinan di sektor energi dan pertambangan di Kolombia banyak dikeluhkan karena proses pengambilan keputusannya lamban. Padahal produksi minyak, batubara, dan mineral tahun ini sangat tinggi.

Selain ekonom, Pearl adalah mantan komisioner pemerintah di bidang perdamaian serta kepala lingkungan dan pelayanan pembangunan berkelanjutan.

Presiden Kolombia baru-baru ini telah memecah kementerian lingkungan, perumahan, dan pelayanan pemban gunan berkelanjutan menjadi dua kementerian yakni kementerian perumahan serta kementerian lingkungan. Mantan menteri yang sebelumnya mengurus tiga bidang tersebut, kini menjabat sebagai menteri perumahan.

Saya yakin dengan pemecahan tersebut, masalah lingkungan bisa tertangani dengan baik, kata Presiden Santos, dalam sebuah rilis yang dikutip Reuters.

Selama satu decade terakhir miliaran dollar investasi dari luar negeri masuk ke Kolombia. Sebagian besar investasi di perminyakan dan batubara. Hal itu terjadi setelah militer Amerika Serikat membantu melumpuhkan gerilyawan sayap kiri dan kartel kokain.

Dengan diperbolehkannya metode bom, maka izin pertambangan harus memperhatikan aspek lingkungan. Hal itu sebagai upaya menyeimbangkan antara isu lingkungan dengan industri yang sifatnya ekstratif. Langkah tersebut penting sebagai bentuk proteksi terutama saat harga komoditas sedang tinggi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.