Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadal Sampaikan Simpati kepada Korban 11 September

Kompas.com - 11/09/2011, 16:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Setelah memastikan langkah ke final Grand Slam Amerika Serikat Terbuka, Rafael Nadal menyampaikan respeknya terhadap keluarga korban tragedi 9/11.

Meski sudah berlalu selama 10 tahun, Nadal masih mengingat kejadian yang menghancurkan menara kembar World Trade Center di New York, kota yang juga menjadi tempat penyelenggaraan AS Terbuka.

"Saya menyampaikan dukungan saya kepada keluarga korban peristiwa 9 September. Saya masih ingat betul kejadian mengerikan tersebut," ujar Nadal di hadapan 22.000 penonton di lapangan utama Arthur Ashe Stadium setelah mengalahkan Andy Murray di semifinal, Sabtu (10/9/2011) malam waktu setempat.

Pada hari kejadian, 11 September 2011, Nadal yang masih berusia 15 tahun berada di Madrid untuk mengikuti turnamen profesional pertamanya. Pada awal tahun tersebut, Nadal dan keluarganya berlibur di New York.

"Kejadiannya masih seperti baru bagi saya. Empat bulan sebelumnya, saya berada di puncak Menara Kembar ketika berlibur. Jadi, saya sempat tak mempercayai kejadian tersebut," tutur petenis Spanyol ini.

Seperti Nadal, Serena Williams juga masih mengingat kejadian tersebut. Serena bahkan akan bermain di partai final tunggal putri melawan Samantha Stosur tepat pada 11 September.

"Saya ingin bermain di final, bersama kejadian yang telah dialami New York dan negara ini," kata Serena yang 10 tahun lalu di arena AS Terbuka kalah dari kakaknya, Venus Williams, di final.

Stosur sendiri, 10 tahun lalu, tengah mengikuti turnamen dengan tingkat Tier III di Jepang. "Ada lima orang dalam grup kami yang melakukan perjalanan. Salah satu dari meraka meminta saya menonton televisi. Kami tidak tahu persis apa yang terjadi. Karena masih berusia 17 tahun, yang saya pikirkan waktu itu hanyalah bertanding sebaik mungkin," kata Stosur yang asal Australia.

Dari panitia turnamen, peringatan 10 tahun 9/11 ditandai dengan lukisan berukuran besar dengan tulisan "9/11/01" di salah satu sisi Arthur Ashe Stadium. Acara final tunggal putri akan dibuka oleh pembawa acara yang juga seorang penyanyi, Queen Latifa. Selain itu, Latifa juga akan menjadi pembawa acara penghormatan pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com