Demi Mendapat Sirte dengan Cara Damai

Kompas.com - 01/09/2011, 20:14 WIB
EditorJosephus Primus

NOFILIA, KOMPAS.com - Kelompok oposisi Libya mengutamakan cara damai untuk mendapat penguasaan atas Sirte. Menurut Menteri Pertahanan di Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya Jalal ad-Digheily, Sirte adalah kota kelahiran Moammar Khadafy. "Tapi, kami tidak percaya kalau Khadafy berada di kota itu," kata ad-Digheily.

Ad-Digheily, pada Kamis (1/9/2011) mengunjungi front di dekat Nofilia, sekitar 100 kilometer di sebelah timur Sirte, pusat utama terakhir yang berada di dalam kekuasaan pasukan yang setia kepada Khadafy. "Takkan ada serangan terhadap Sirte saat ini. Kami terus berunding untuk bisa memasuki kota tersebut secara damai," kata Ad-Digheily

NTC pada Selasa (30/8/2011) mengeluarkan ultimatum kepada sisa pasukan yang setia kepada Khadafy agar menyerah paling lambat pada Sabtu (3/9/2011). Andai mereka bersikukuh, pasukan loyalis Khadafy itu bakal menghadapi aksi militer. Tapi, sementara ini keadaan tenang.    

"Para tetua suku sepakat dengan kami bahwa kami tak perlu mengobarkan perang di kota tersebut," kata komandan pasukan oposisi Yunes al-Abderi.

Ia mengatakan dirinya sangat optimistik tentang penyerahan diri secara damai. Kendati, beberapa satuan pendukung Khadafy tetap tak mau pergi.    

Perundingan dengan para tetua suku berlangsung selama empat hari, katanya. Ditambahkannya, mereka biasanya melintasi garis depan untuk menemui para petinggi gerilyawan.    

Ad-Digheily mengatakan berbagai upaya sedang dilancarkan bagi suatu pertemuan di Lembah Merah, jalur utama pertahanan bagi Sirte, sekitar 20 kilometer di sebelah timur kota tersebut. Itu berarti satu delegasi oposisi akan pergi ke balik garis depan pasukan Khadafy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.