Perancis Harus Pelihara Keberadaannya di UNIFIL

Kompas.com - 01/09/2011, 19:49 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Surat dari Perdana Menteri (PM) Lebanon Najib Mikati bernada tegas. Intinya, Perancis harus memelihara keberadaannya sebagai bagian dari The United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL). Menurut warta Xinhua pada Kamis (1/9/2011), PM Mikati juga menegaskan pihaknya akan terus berupaya agar pasukan penjaga perdamaian yang berbasis di Lebanon selatan itu tak mendapatkan serangan.

Dalam surat kepada Presiden Nicolas Sarkozy itu, PM Mikati menekankan kalau tekad dirinya dan pemerintahannya adalah menjaga agar serangan-serangan terhadap pasukan UNIFIL tidak terjadi lagi. "Sekali lagi saya mengatakan agar Perancis tetap berada dalam bagian UNIFIL yang menjadi kerja sama kekuatan internasional di Lebanon," katanya.

Pada Agustus lalu, Presiden Sarkozy pernah mengirim surat kepada Presiden Lebanon Michel Suleiman dan PM Mikati. Isinya, Perancis akan mempertimbangkan keberadaannya di UNIFIL gara-gara pasukan tersebut mendapat serangan dari kelompok perlawanan Lebanon.

Pada 26 Juli 2011, bom pinggir jalan meledak dekat konvoi pasukan Perancis di kawasan selatan kota pantai Sidon. Insiden itu melukai lima anggota pasukan penjaga perdamaian Perancis. Sebelumnya, beberapa minggu dari kejadian tersebut, kontingen Italia di UNIFIL juga terkena bom pinggir jalan. Peristiwa itu melukai enam tentara.

UNIFIL merupakan realisasi Resulusi Dewan Keamanan (DK) PBB Nomor 1701. Pasukan internasional itu menjaga perdamaian sejak 2006 pascaberakhirnya baku perang antara Lebanon dan Israel. Dalam tugasnya, UNIFIL bekerja sama dengan Angkatan Bersenjata (AB) Lebanon.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.