Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepasang Kekasih Selundupkan Sabu Senilai Rp 9,75 Miliar

Kompas.com - 28/08/2011, 13:29 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan penyelundupan 6,5 kilogram sabu, Sabtu (27/8/2011) malam. Harganya diperkirakan mencapai Rp 9,5 miliar.

"Tersangka Narawadee Phothijam (22), wanita warga Thailand, dan Elovsson Oerjan Robert (38), pria warga Swedia, ini adalah sepasang kekasih. Mereka berupaya menyelundupkan sabu dengan cara menyembunyikannya dalam dua koper yang dindingnya didesain khusus," jelas Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo kepada wartawan, Minggu (28/8/2011).

Keduanya datang dengan menggunakan pesawat Qatar Airways jurusan Doha-Jakarta, Sabtu pukul 22.30. Sabu itu disembunyikan di masing-masing koper berisi 3,2 kg dan 3,3 kg.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta Oza Olavia menambahkan, setelah penangkapan itu, pihaknya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mengembangkan kasus ini ke salah satu hotel di kawasan Kemang. Petugas berhasil menangkap seorang penerimanya, warga Nigeria bernama Guambee (38).

"Semua tersangka dan barang bukti sudah dilimpahkan ke BNN," kata Oza.

Terdakwa Elovsson mengaku berprofesi sebagai DJ dan Narawadee adalah sexy dancer di salah satu tempat hiburan malam di Vietnam. Untuk pekerjaan itu, mereka diupah masing-masing 2.000 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com