Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy Sudah Lari ke Aljazair?

Kompas.com - 27/08/2011, 12:30 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Sebuah konvoi terdiri dari enam kendaraan lapis baja yang mungkin membawa para pejabat tinggi Libya, bahkan mungkin termasuk Moammar Khadafy yang buron, menyeberang dari Libya menuju Aljazair, Jumat (26/8/2011), lapor kantor berita resmi Mesir yang mengutip sumber pemberontak Libya.

Sumber-sumber dari pihak Aljazair atau Libya tidak bisa segera mengonfirmasi laporan tersebut. Kantor berita Mesir, MENA, mengatakan, enam unit Mercedes lapis baja pada Jumat pagi memasuki Ghadames. Laporan kantor berita itu mengutip sumber dewan militer di kota Libya di perbatasan dengan Aljazair.

Sumber tersebut mengatakan, konvoi itu dikawal pasukan pro-pemerintah sampai memasuki Aljazair. Pemberontak tidak mampu mengejar kendaraan-kendaraan itu karena mereka tidak memiliki amunisi dan peralatan. "Kami berpikir mobil-mobil itu membawa para pejabat tinggi Libya, mungkin termasuk Khadafy dan anak-anaknya," kata sumber itu. Khadafy jadi buron sejak para pemberontak Libya mengambil alih ibukota Tripoli pada awal minggu ini.

Aljazair hingga Jumat menolak untuk mengakui Dewan Transisi Nasional (NTC) pemberontak Libya sebagai pemegang kendali pemerintah sah di negara tetangganya itu. Aljazair menegaskan akan mematuhi kebijakan "netral" yang ambilnya sejak konflik di Libya pecah. Kantor berita AFP melaporkan, pernyataan kementerian luar negeri Aljazair yang dikirim ke kantor berita itu, Jumat, merupakan komentar resmi pertama Aljir sejak NTC menguasai Tripoli, bahkan ketika negara-negara lain di kawasan itu telah dengan cepat mendukung kemenangan pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com