Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy Diambang Kejatuhan,Saham AS Naik

Kompas.com - 23/08/2011, 07:43 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham Amerika Serikat membuat sedikit keuntungan pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah kenaikan awal menggembirakan dipicu oleh kejatuhan penguasa Libya Moammar Khadafy yang mengalahkan dampak suram ekonomi AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 37,00 poin (0,34 persen) menjadi 10.854,65. Indeks S&P 500 naik tipis 0,29 poin (0,03 persen) menjadi 1.123,82, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 3,54 poin (0,15 persen) ditutup pada 2.345,38.

Berita bahwa pemberontak Libya berada di ambang menjatuhkan Kadhafi, dengan merebut pusat Tripoli, mendorong indeks Dow naik lebih dari 1,8 persen pada awal perdagangan. "Pembukaan yang kuat didasarkan pada kenyataan bahwa Kadhafi akan segera digulingkan. Eropa rally besar pada itu," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di  Rockwell Global Capital..      Namun dia menambahka, "Apa yang kita sedang lihat adalah perdagangan tanpa keyakinan nyata. Setiap orang menunggu untuk melihat apa yang Tn. Bernanke akan katakan pada Jumat."      Pada Jumat, Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke akan memberikan pidato yang diperkirakan akan diawasi ketat oleh investor untuk tanda-tanda apakah dia mendukung lebih lanjut pelonggarkan kebijakan moneter untuk merangsang ekonomi AS yang sakit.

Pasar saham AS telah jatuh selama empat minggu berturut-turut di tengah kekhawatiran baru perlambatan ekonomi di Amerika Serikat dan dampak dari krisis utang Eropa, dengan Dow jatuh empat persen minggu lalu.

Hewlett-Packard melonjak 3,6 persen pada Senin, memulihkan kembali beberapa kerugian pada Jumat, saat harga sahamnya anjlok lebih dari 20 persen.

Investor telah tak bahagia tentang rencana raksasa teknologi itu, diungkapkan minggu lalu, untuk spin off bisnis komputer pribadi dan membuat sebuah akuisisi mahal perusahaan perangkat lunak Inggris Autonomy sebagai bagian dari perubahan strategis yang luas.

Saham Bank of America merosot 7,9 persen di tengah laporan bahwa usulan penyelesaian kerugian 8,5 miliar dolar AS atas sekuritas berbasis mortgage (hipotek) yang  mungkin ambruk.      Bank berharap bahwa penyelesaian sangat besar, kerugian atas sekuritasyang didukung hipotek yang dijual sebelum 2008, akan membantu bank itu bangkit dari kejatuhan krisis keuangan.

Boeing naik 1,5 persen setelah kantor berita Bloomberg melaporkan bahwa Delta Air Lines berencana untuk membeli 100 pesawat terbang dari  produsen jet 737 itu. Delta mengkonfirmasi hal itu dalam pembicaraan untuk membeli pesawat baru, tetapi menolak berkomentar tentang rincian laporan itu. Saham Delta naik 0,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com