Dubes: 19 WNI di Tripoli Aman

Kompas.com - 22/08/2011, 23:18 WIB
EditorKistyarini

KAIRO, KOMPAS.com - Duta Besar RI untuk Tunisia, Muhammad Ibnu Said, mengatakan, masih ada 19 warga negara Indonesia (WNI), semuanya tenaga kerja wanita (TKW) di Libya dalam keadaan aman.

"Saya baru saja kontak dengan WNI kita di Tripoli, mereka dalam keadaan aman dan sedang diusahakan untuk dievakuasi ke Tunis," kata Dubes Ibnu Said kepada ANTARA dari Kairo, Senin (22/8/2011).

Menurut Dubes Ibnu Said, sebagian besar para TKW itu masih berada dalam perlindungan majikan mereka, dan beberapa di antaranya berlindung di rumah tetangga karena majikan telah lari menyelamatkan diri, dan satu TKW lagi berlindung di KBRI Tripoli.

"Saya juga telah bicara dengan beberapa tetangga rumah majikan yang menampung mereka, dan meminta agar mereka dilindungi hingga KBRI dapat akses menjemput mereka. Saya juga minta agar telepon genggam mereka tetap hidup untuk terus berkomunikasi dengan KBRI Tunisia," katanya.

Para TKW itu sejak 16 Agustus lalu sulit dihubungi karena jaringan telepon terputus, dan baru Senin pagi pukul 10.50 waktu setempat, Dubes Ibnu Said dapat menghubungi mereka.

WNI tersebut menceritakan bahwa tembakan senjata dan bom masih terus terdengar di jalan-jalan dan mereka takut keluar rumah.

Dubes juga meminta mereka agar tidak keluar rumah dan tetap bertahan hingga keamanan benar-benar pulih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"KBRI Tripoli sendiri telah ditutup sejak beberapa bulan lalu, dan kini hanya dijaga oleh beberapa staf lokal KBRI asal Libya," katanya.

Dubes meminta para penjaga KBRI itu agar bendera Indonesia tetap dikibarkan di depan KBRI.

Beberapa staf KBRI Tripoli juga kini diperbantukan di KBRI Tunis untuk memantau situasi di Libya.

Situasi dan kondisi di Tripoli masih belum menentu, dan belum jelas benar apakah telah dikuasai oposisi atau masih dikendalikan rezim Moammar Khadafy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.