Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakorkamla Gagalkan Perompakan di Batam

Kompas.com - 17/08/2011, 22:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yang digelar di wilayah barat awal pekan ini menggagalkan upaya perompakan sebuah Tug Boat (kapal tunda).

Tug Boat itu tengah menarik kapal tongkang bermuatan peti kemas. Dalam operasi ini, menurut Kabag Humas dan Protokol Bakorkamla Kolonel Maritim Edi Fernandi, Bakorkamla sekaligus meringkus dua orang perompak beserta sebuah perahu pancung yaitu sejenis yang dipergunakan para perompak.

Kejadian bermula dari diterimanya berita radio panggil oleh Komandan 323 KPLP pada pukul 20.45 dari awak kapal Tug Boat TB. HAKO 20. Kapal Tug Boat berbendera Indonesia ini tengah menarik sebuah tongkang bernama TK Maritime Faith yang berbendera Singapura dan bermuatan peti kemas berisi barang-barang campuran antara lain; mesin jahit, perkakas rumah tangga, elektronik dan lain-lain.

Berita radio berupa permintaan pertolongan bantuan pengamanan karena awak kapal TB HAKO 20 melihat samar-samar ada dua buah perahu bermotor sudah merapat di sisi kiri dan kanan tongkang.

Ada beberapa orang berusaha naik keatas kapal tongkang dan diduga akan membongkar paksa peti-peti kemas tersebut. Komandan 323 KPLP meneruskan berita radio tersebut kepada kapal patroli KN Cundrik yang di bawah kendali operasi (BKO) Bakorkamla dalam pelaksanaan operasi bersama keamanan laut yang sedang lego jangkar dan kebetulan lokasinya berdekatan dengan lokasi kapal Tug Boat ARKO 20 yaitu pada posisi 01 13 29 N - 104 01 72 E ( 2 NM utara Nongsa-Batam).

Saat kapal patroli KN Cundrik tiba di lokasi dipergoki kawanan tersebut sedang berusaha membongkar peti kemas di kapal tongkang. Melihat kedatangan kapal patroli KN Cundrik, seketika kawanan perompak melarikan diri.

Tiga orang perompak lolos dari kejaran petugas kabur dengan perahu pancung, tetapi 2 (dua) orang perompak beserta sebuah kapal pancung berhasil diamankan petugas KN Cundrik.

Kedua perompak diserahkan ke Pangkalan KPLP Tanjung Uban untuk diproses lebih lanjut. Barang bukti yang ditemukan dalam perahu pancung yaitu antara lain: kapal pancung, sebuah palu godam, 2 buah takal tangan ukuran 1 ton dan 3 ton, sebuah tang pemotong rantai/besi, dua buah palu kecil, sebuah tang kaka tua, satu set kunci-kunci (tool kit), satu rol tali tambang dan sebuah senter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com