Pesta Ultah untuk Fidel Castro

Kompas.com - 13/08/2011, 23:24 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

HAVANA, KOMPAS.com — Kuba ingar-bingar menggelar pesta bagi pemimpin revolusinya sejak Selasa pekan lalu. Berpuncak pada Sabtu (13/8/2011), saat ikon negeri itu, Fidel Castro, genap berusia 85 tahun.

Tak hanya sajian konser-konser musik atau pementasan balet digelar, tetapi juga pameran-pameran kesenian untuk menghormati pemimpin yang telah memimpin negeri itu selama 50 tahun, sebelum kemudian menyerahkan kepada adiknya, Raul Castro, tahun 2006.

Salah satu acara puncak juga digelar pada Jumat malam lalu, dengan pementasan gala pesta serta lantunan lagu "Nyanyian Loyalitas" bagi sang pemimpin, di Teater Karl Marx, gedung pertunjukan yang berkapasitas terbesar untuk 5.000 orang di Havana, Kuba.

Fidel Castro tak muncul dalam rangkaian acara-acara yang digelar untuknya itu. Fidel memang semakin jarang muncul di depan publik. Terakhir, penampilannya terjadi bulan April lalu, pada saat partai berkuasa, Partai Komunis, menggelar kongres tahunannya ketika Raul Castro secara resmi menggantikan posisi Fidel sebagai pemimpin partai.

Semenjak itu, Fidel Castro hanya tertangkap muncul dalam rekaman video saat ia mengunjungi Presiden Venezuela, Hugo Chavez, yang tengah gering dan melakukan kemoterapi di Kuba karena penyakit kanker yang dideritanya.

"Kini memang Raul yang pegang kendali," ungkap Michael Shifter, salah satu pemikir soal Dialog Antar-Amerika yang berbasis di Washington, kepada AFP. "Fidel memberinya (Raul) kekuasaan untuk ambil keputusan, tetapi ia juga membatasi, terutama untuk upaya reformasi yang berjalan lambat ke depan, dengan ekstrahati-hati," ungkap pengamat ini pula.

Raul, yang genap berusia 80 tahun pada Juni mendatang, memang tengah mengembuskan upaya reformasi melalui kebijakan ekonominya yang terpusat, yang diharapkan akan mendorong bisnis-bisnis swasta kecil berkembang di tengah birokrasi yang masif di negeri itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perayaan pesta untuk Fidel Castro di Kuba ini bergulir saat Amerika Latin tengah tengah mengayun bandulnya ke arah kiri, saat gelombang pemerintahan kiri yang progresif berkembang di belahan benua ini, mulai dari Argentina sampai Nikaragua.

Ada kemungkinan, Chavez—pemimpin Venezuela yang disebut-sebut sebagai "pewaris Castro" di Amerika Latin saat ini—akan muncul dalam Festival Havana dalam rangka ultah Fidel Castro saat ini.

Fidel Castro, yang lahir di Kuba pada 13 Agustus 1926, saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menulis buku berisi refleksi isu-isu internasional di matanya. Sampai saat ini, ia sudah menghasilkan karya tulis sebanyak 361 judul dari kediamannya di bagian barat Havana bersama istrinya, Dalia Soto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X