Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi: Putra Khadafy Tewas!

Kompas.com - 05/08/2011, 15:20 WIB

BENGHAZI, KOMPAS.com — Pasukan oposisi Libya, Jumat (5/8/2011), mengatakan, serangan NATO, Kamis malam, ke kota Zliten di sebelah barat Libya menewaskan seorang putra Moammar Khadafy, Khamis, dan lebih dari 30 orang lainnya.

Juru Bicara Pasukan Revolusioner Serikat, Muhammad Zawawi, dengan mengutip mata-mata yang beroperasi di antara jajaran Khadafy, mengatakan kepada AFP bahwa Khamis telah dipastikan berada di antara orang yang tewas. "Semalam ada serangan pesawat NATO terhadap ruang operasi Khadafy di Zliten. Ada sekitar 32 tentara Khadafy tewas. Salah satunya  Khamis," kata Zawawi.

Khamis, yang sudah lama memimpin milisi propemerintah, dikatakan menjadi komandan pertempuran di Zliten, sebuah benteng Khadafy yang telah menghambat laju pasukan oposisi menuju Tripoli.

Serangan yang menewaskan Khamis itu tampaknya terjadi hanya beberapa jam setelah Tripoli memulangkan wartawan dari sebuah tur yang dikawal ke pusat Zliten. Tur untuk wartawan itu merupakan sebuah upaya untuk menegasikan klaim pemberontak bahwa kota itu telah diserang.

Pasukan oposisi dari daerah kantong oposisi di Misrata, 60 kilometer ke arah timur, pekan ini mengumumkan bahwa mereka telah membuat kemajuan di Zliten, sebuah kota pantai strategis di jalan menuju Tripoli. Namun rezim Khadafy di Tripoli dengan cepat membantah klaim tersebut. Mereka mengatakan, rezim Khadafy menguasai seluruh kota itu.

Hari Kamis seorang wartawan AFP melihat pusat kota itu berada di tangan kekuatan rezim Khadafy, meskipun tembakan artileri intensif terdengar di kejauhan. Penduduk mengatakan, garis depan pertempuran itu terletak sekitar 10 sampai 15 kilometer di timur pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com