Turis China Pilih Bali untuk Bulan Madu

Kompas.com - 23/07/2011, 22:23 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Bali yang memiliki keindahan alam dan seni budaya yang unik, sangat pantas dipilih menjadi tempat berbulan madu bagi wisatawan mancanegara yang menjadi pengantin baru terutama asal China.

"Banyak wisatawan China yang datang dan memilih berbulan madu ke Pulau Dewata, sebuah destinasi wisata yang amat terkenal di negeri Tirai Bambu itu," kata Pengamat Pariwisata Bali, Drs Dewa Rai Budiasa di Denpasar, Sabtu (23/7/2011).

Ia mengatakan, masyarakat China, mengenal Bali sebagai Pulau Surga. Kedekatan hubungan emosi dan kebudayaan antara China dan Bali diakuinya memiliki andil dalam hal membuka hubungan yang lebih luas dengan China.

Begitu pula kedatangan turis luar negeri khususnya dari China yang mengaku berlibur sambil menikmati keindahan alam, seni budaya yang ada diantaranya mirip dengan yang ada di China, jumlahnya bertambah terus.

Wisatawan China yang datang langsung ke Bali memang bertambah banyak hampir setiap bulan, sehingga termasuk diantara sepuluh negara terbesar mensuplai turis luar negeri ke Pulau Dewata.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, wisatawan China yang datang langsung ke Bali, dari Januari-Juni 2011 sebanyak 106.401 orang bertambah 7,98 persen jika dibandingkan periode sama 2010 hanya 98.545 orang.

Dewa Rai yang mengaku perusahaannya sering menangani anak muda asing berbulan madu di Pulau Dewata mengatakan, kedatangan warga China ke Bali ada diperingkat dua negara pemasok turis ke Bali setelah Australia sebanyak 350.774 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah turis China ke Bali akan bertambah terus seiring harmonisnya hubungan Indonesia-China. Peningkatan hubungan itu antara lain ditandai dengan melajunya perdagangan Bali-China.

Adanya investor besar berencana menanamkan modal di Bali dalam sektor perlistrikan dan sebuah perusahaan dari Shenzen yang membantu daerah ini mewujudkan Bali Green Province, berperan bertambah minat turis China ke Bali. "Sering ada kunjungan pejabat China ke Indonesia terutama ke Bali juga memberikan dampak positif kepada dunia pariwisata sebab bagaimana pun masyarakatnya dapat dipastikan akan mengikuti apa yang dikatakan pemerintahnya," kata Dewa Rai.  



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X