Wanita Oman Ditahan karena Setir Mobil

Kompas.com - 18/07/2011, 09:47 WIB
EditorEgidius Patnistik

RIYADH, KOMPAS.com - Dua perempuan Oman ditahan karena mengemudikan mobil di Arab Saudi, tempat di mana perempuan tidak diperbolehkan menyetir mobil. Polisi menahan kedua perempuan pengemudi itu yang sedang melakukan perjalanan bersama keluarga mereka di jalan yang menghubungkan kota Riyadh dengan kota Taef, di Saudi barat.

"Seorang warga memberi informasi kepada patroli polisi bahwa kedua perempuan itersebut mengendarai mobil dengan SIM Oman, " lapor harian Al-Hayat. Harian itu menambahkan, "Kedua perempuan itu ditahan dan diberi tahu bahwa perempuan tidak berhak untuk mengemudikan mobil. Mereka telah menandatangani komitmen untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi."

Akhir Juni lalu, Arab Saudi menangkap lima perempuan Saudi yang menyetir mobil. Para perempuan tersebut melakukan pembangkangan yaitu sengaja menyetir mobil di kerajaan Saudi yang sangat konservatif itu. Tindakan mereka merupakan tanggapan atas seruan di internet kepada para perempuan di Riyadh untuk menyetir mobil, setelah aksi protes pada 17 Juni dimana 42 perempuan turun ke jalan.

Sejak itu "perempuan setiap hari menantang larangan itu di kota-kota yang berbeda di kerajaan tersebut", kata seorang aktivis yang tidak mau disebut namanya kepada AFP. Ia mengatakan, ibunya sendiri telah melakukan hal seperti itu di Riyadh. Tidak ada undang-undang yang secara resmi melarang perempuan mengemudikan mobil di Arab Saudi. Namun sebuah fatwa keagamaan telah menetapkan bahwa perempuan harus diantar oleh seorang sopir atau anggota keluarga laki-laki ketika bepergian dengan menggunakan mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X