Perusahaan Inggris Dapat Berlian di Zambia

Kompas.com - 13/07/2011, 17:28 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Zambesi Resource Limited sebentar lagi terwujud harapannya. Pasalnya, perusahaan pertambangan mineral asal Inggris itu bakal merampungkan proses akhir penambangan pencarian kandungan berlian di Zambia. Itu berarti, perolehan duit perusahaan itu bakal makin tebal lantaran pendapatan bertambah dari sekadar eksplorasi tembaga, emas, dan uranium selama ini.

Menurut warta Xinhua dan Daily Mail pada Rabu (13/7/2011), pengeboran dilakukan di proyek penambangan tembaga milik perusahaan tersebut di Kangaluwi di Distrik Chongwe, sebelah timur ibu kota Lusaka. "Pengeboran kelar bulan depan," kata CEO Zambesi Resource Limited Frank Vanspeybroeck.

Untuk urusan pengeboran itu, Zambesi Resource Limited bermitra dengan Mwembeshi Resources Pty Limited sebagai pelaksana pengeboran tersebut. Demi proyek pengeboran berlian itu,  Zambesi Resource Limited merogoh fulus 3,5 juta dollar AS dari koceknya.

Sampai sekarang, Zambesi Resource Limited sudah mengebor 38 lubang galian. Total kedalaman pengeboran mencapai 7.098 meter. "Hasil pengeboran tengah diteliti di laboratorium," imbuh Vanspeybroeck.

Zambesi Resource Limited tercatat memiliki sembilan proyek pengeboran aktif di negara Sub-Sahara Afrika tersebut. Proyek pengeboran mineral di Kangaluwi itu termasuk wilayah  Kangaluwi, Chisawa, Imboo, dan Kalulu.
 
 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X