Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Inggris Dapat Berlian di Zambia

Kompas.com - 13/07/2011, 17:28 WIB

KOMPAS.com - Zambesi Resource Limited sebentar lagi terwujud harapannya. Pasalnya, perusahaan pertambangan mineral asal Inggris itu bakal merampungkan proses akhir penambangan pencarian kandungan berlian di Zambia. Itu berarti, perolehan duit perusahaan itu bakal makin tebal lantaran pendapatan bertambah dari sekadar eksplorasi tembaga, emas, dan uranium selama ini.

Menurut warta Xinhua dan Daily Mail pada Rabu (13/7/2011), pengeboran dilakukan di proyek penambangan tembaga milik perusahaan tersebut di Kangaluwi di Distrik Chongwe, sebelah timur ibu kota Lusaka. "Pengeboran kelar bulan depan," kata CEO Zambesi Resource Limited Frank Vanspeybroeck.

Untuk urusan pengeboran itu, Zambesi Resource Limited bermitra dengan Mwembeshi Resources Pty Limited sebagai pelaksana pengeboran tersebut. Demi proyek pengeboran berlian itu,  Zambesi Resource Limited merogoh fulus 3,5 juta dollar AS dari koceknya.

Sampai sekarang, Zambesi Resource Limited sudah mengebor 38 lubang galian. Total kedalaman pengeboran mencapai 7.098 meter. "Hasil pengeboran tengah diteliti di laboratorium," imbuh Vanspeybroeck.

Zambesi Resource Limited tercatat memiliki sembilan proyek pengeboran aktif di negara Sub-Sahara Afrika tersebut. Proyek pengeboran mineral di Kangaluwi itu termasuk wilayah  Kangaluwi, Chisawa, Imboo, dan Kalulu.
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com