Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Resor, Tim Korsel Kunjungi Korut

Kompas.com - 13/07/2011, 14:48 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Sebuah kelompok terdiri dari 10 pejabat dan pebisnis Korea Selatan (Korsel) mengunjungi Korea Utara (Korut), Rabu (13/7/2011), untuk membahas nasib sebuah resor yang dikelola bersama di negara komunis itu.

Tim Korsel itu akan bertemu pemerintahan Korut di resor Gunung Kumgang yang indah, kata seorang juru bicara kementerian Unifikasi di Seoul, setelah Pyongyang bulan lalu mengancam untuk membongkar semua properti milik Seoul di resor tersebut. Negosiasi pertama dua minggu lalu gagal mencapai kesepakatan dalam menyelesaikan sengketa terkait resor tersebut.

Resor Gunung Kumgang dibangun perusahaan Korea Selatan Hyundai Asan, dan dibuka tahun 1998 sebagai sebuah simbol rekonsiliasi. Korut telah meraih keuntungan puluhan juta dolar per tahun dari keberadaan resor tersebut. Namun, Korsel menghentikan aktivitas tur warganya ke sana setelah Korut menembak mati seorang turis Seoul yang tersesat di sebuah zona militer terlarang pada Juli 2008.

Korsel mengatakan, pihatnya tidak akan menginjinkan warga tur ke sana sampai Korut melakuan sebuah penyelidikan terkait penembakan itu dan memberi jaminan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com