Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tutup Jalur ke Kuala Lumpur

Kompas.com - 09/07/2011, 06:14 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Polisi Malaysia akan menutup pintu masuk ke Kuala Lumpur selama 24 jam menjelang demo reformasi pemilihan umum, Sabtu (9/7/2011) ini. Jalan-jalan utama dan sarana perhubungan umum akan ditutup mulai tengah malam waktu setempat (17.00 GMT).

Kelompok bernama Koalisi Bersih 2.0 berencana berunjuk rasa di stadion olahraga pada Sabtu ini. Polisi menanyai lebih dari 150 pegiat dalam beberapa minggu terakhir, 91 orang di antaranya dilarang memasuki ibu kota. Lebih dari 30 pegiat tetap ditahan setelah ditangkap sekitar dua minggu lalu.

Demonstran pada mulanya berencana turun ke jalan, tetapi kemudian sepakat berkumpul di stadion olahraga karena larangan pemerintah. Demonstrasi tersebut merupakan pelanggaran.

"Stadion Merdeka yang mereka pilih terlalu dekat dengan pusat kota dan dapat menciptakan kemacetan hebat, serta mengganggu kegiatan bisnis," kata komandan polisi federal Ismail Omar kepada New Straits Times.

Polisi tidak mengizinkan unjuk rasa. Namun, demonstran mengatakan, mereka tidak memerlukan izin.

"Kami akan mengarah ke stadion," kata wakil Koalisi Bersih, Andrew Khoo, kepada kantor berita AFP.

Penyelenggara unjuk rasa mengatakan, sistem pemilihan umum Malaysia sarat akan kecurangan. Mereka menginginkan masa kampanye lebih panjang, pencatatan pemilih otomatis, dan persamaan akses pada media utama yang terkait pemerintah.

Pemerintah mengatakan, pengunjuk rasa berusaha menyebarkan ideologi komunis yang sama saja dengan "berperang melawan raja". Polisi menuduh beberapa orang yang mereka tahan membawa spanduk dan t-shirt dengan slogan menghasut. Sementara itu, para pengamat memandang, unjuk rasa membantu oposisi mendapatkan kursi parlemen dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com