Bersama Shinkansen Melintasi Fukushima

Kompas.com - 24/06/2011, 09:19 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SENDAI, KOMPAS.com - Shinkansen, kereta peluru super cepat merebut perhatian peserta pertukaran pelajar Jepang-Indonesia JENESYS. Sebanyak 25 peserta mendapat dua kali kesempatan menaiki Shinkansen.

Pertama menggunakan Shinkansen Max yang bercat putih, Rabu (22/6/2011) dari Utsunomiya, Tochigi ke Sendai di Miyagi. Kesempatan kedua adalah pengalaman menakjubkan karena bisa merasakan Hayabusa, Shinkansen terbaru berkecepatan di atas 300 km per jam dari Sendai di Miyagi ke Tokyo, Kamis (23/6/2011).

Dari Utsunomiya ke Sendai, Shinkansen sempat berhenti di stasiun Fukushima. Dari balik jendela kereta terlihat aktifitas di kota itu normal sejak sebelum memasuki stasiun, di sekitar stasiun, hingga setelah keluar dari stasiun. Tidak ada penjagaan berarti dari pihak keamanan. Orang yang lalu lalang di stasiun pun tidak banyak yang memakai masker.

"Kehidupan kota ini sudah kembali seperti biasa. Namun, memang ada kewaspadaan terhadap masih adanya kemungkinan bahaya radiasi dari pascakerusakan PLTN di Fukushima," kata Yamada, panitia JENESYS, Jumat (24/6/2011).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.