India Bebaskan Napi Teruzur

Kompas.com - 19/06/2011, 04:32 WIB
EditorJosephus Primus

LUCKNOW, KOMPAS.com - Pihak berwenang penjara di India telah membebaskan tahanan tertua negara itu, Brij Bihari Pandey yang berusia 108 tahun. Si Gaek dihukum karena pembunuhan yang ia lakukan pada usia 84 tahun, menurut beberapa pejabat, Sabtu (18/6/2011).    

Pandey, seorang pendeta Hindu, dibebaskan Jumat oleh sebuah pengadilan di negara bagian Uttar Pradesh di India utara dengan alasan kemanusiaan, ketika para pejabat penjara mendapati kesulitan untuk memberikan perawatan medis pada tawanan tertua dalam sejarah penjara India itu.    

"Sulit untuk merawat tawanan berusia 108 tahun. Kami mengajukan permintaan bagi pembebasannya dan pengadilan menerimanya," kata S.K. Sharma, superintendent Penjara Gorakhpur, 300 kilometer dari ibukota negara bagian itu, Lucknow.    

Sharma menjelaskan pembebasan itu berdasarkan pada alasan kemanusiaan.    

Pada usia matang 84 tahun, Pandey bersama dengan 15 orang lainnya, banyak dari mereka kemenakan laki-lakinya dan anggota keluarganya, telah membunuh empat orang karena warisan sebuah lembaga agama Hindu. Pada 2009, ia divonis dan dikirim ke penjara Gorakhpur, tapi narapidana berumur tua dan lemah itu sering harus dibawa ke rumah sakit dan sebagian besar terbaring di tempat tidur.    

Pandey menyampaikan kegirangan atas pembebasannya Jumat dengan senyuman dan memberikan pelukan hangat pada rekan-rekan tawanannya, yang pada gilirannya memberinya kalungan bunga.    

Beberapa pejabat penjara mengatakan ia menerima kalungan bunga dengan senyum lebar dan mengatakan,"Tuhan yang agung. Terima kasih".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.