Sekali Berlayar, Lalu Tenggelam

Kompas.com - 14/06/2011, 09:19 WIB
EditorKistyarini

LEIPZIG, KOMPAS.com — Seniman Jerman Frank Bolter merasa terganggu dengan kebiasaan orang Barat yang gampang membuang barang. Sebagai kampanye untuk mengakhiri kebiasaan itu, Bolter membuat perahu berbahan Tetra Pak.

Dibantu beberapa orang, Bolter membawa perahu itu ke kanal Kark-Heine di Leipzig, Jerman. Dia sendiri yang mencoba berlayar dengan perahu itu.

Setelah beberapa jam bertahan di air, perahu kertas itu pun tenggelam dan membawa serta sang kapten dan perancangnya itu.

Ini bukan aksi pertama seniman 41 tahun itu. Pada September 2010, Bolter juga mengarungi Sungai Thames, London, Inggris, dalam pameran seni kontemporer Drift10.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X