Korea Utara Uji Tembak Rudal

Kompas.com - 08/06/2011, 10:28 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara  pekan lalu melakukan uji tembak rudal jarak pendek di lepas pantai barat dalam peluncuran pertama senjata sejenis selama 19 bulan terakhir, sumber-sumber Korea Selatan melaporkan, Rabu (8/6/2011).      Korea Utara menembakkan rudal KN-06 ke Laut Kuning pada pertengahan pekan lalu, kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber intelijen,      Sumber itu mengatakan Korut tampaknya telah berusaha untuk meningkatkan jangkauan tembak KN-06 sejak tahun lalu dan peluncuran pekan lalu tampaknya sebagai  uji coba.      Kementerian Pertahanan di Seoul tidak segera berkomentar.      Surat kabar JoongAng Ilbo juga melaporkan uji coba KN-06 itu, yang memiliki jangkauan 100-110 km (62-68 miles).      Surat kabar itu mengutip seorang pejabat militer Seoul yang mengatakan bahwa peluncuran tersebut tampaknya telah direncanakan sebelum serangkaian ancaman negara komunis garis keras itu terhadap Korea Selatan pekan lalu.      Jika laporan itu benar, peluncuran itu akan menjadi uji coba pertama Korea Utara yang terkenal dengan rudal jarak pendeknya sejak Oktober 2009, ketika melakukan uji tembak lima rudal KN-02 permukaan-ke-permukaan di pantai timur.      Pyongyang di masa lalu sering menjadwalkan peluncuran-peluncuran tersebut untuk mendapatkan dampak politik.      Ketegangan-ketegangan di Semenanjung Korea meningkat setelah dua insiden perbatasan tahun lalu yang mematikan, yang Seoul salahkan kepada negara tetangganya itu.     Pada 30 Mei Korea Utara mengumumkan tidak akan lagi berurusan dengan pemerintah konservatif Korea Selatan.      Jumat (3/6/2011) lalu, militernya mengancam melakukan pembalasan kecuali jika Seoul menghukum tentara-tentaranya yang menggunakan gambar-gambar dinasti yang berkuasa di Pyongyang sebagai target latihan tembak mereka.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X