Aparat dan Gerilyawan Langgar Gencatan Senjata

Kompas.com - 31/05/2011, 12:51 WIB
EditorKistyarini

SANAA, KOMPAS.com — Aparat keamanan Yaman dan pendukung pemimpin suku Hashad Sadiq al-Ahmar terlibat baku tembak, Senin (30/5/2011) malam. Baku tembak ini mengakhiri gencatan yang diumumkan pada Sabtu (28/5/2011). Kedua pihak saling menuduh pihak lain yang melanggar perjanjian gencatan senjata itu.

Pemerintah dan anggota-anggota suku bersenjata Yaman, yang meminta Presiden Ali Abdullah Saleh meninggalkan jabatannya, setuju untuk mengakhiri konfrontasi mereka yang telah mendorong negara miskin di Semenanjung Arab itu ke tepi perang saudara.     

Perjanjian itu mencakup penarikan anggota suku bersenjata dari gedung-gedung pemerintah yang diduduki dan langkah-langkah untuk memulihkan kehidupan di distrik Hasaba di Sanaa setelah sekitar 115 orang tewas dalam pertempuran pekan ini, demikian menurut sumber yang dekat dengan para penengah persetujuan tersebut.   

Seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada Reuters, "Ya, kami telah mendapatkan perjanjian yang mulai berlaku besok (Ahad) pagi."    

Seorang pejabat suku membenarkan perjanjian itu telah dicapai.     

Pertempuran tersebut telah mendorong ribuan warga melarikan diri dari Sanaa dan meningkatkan prospek kekacauan yang dapat menguntungkan kelompok Al Qaeda yang bermarkas di Yaman dan mengancam tetangganya Arab Saudi, pengekspor besar minyak dunia.     

Kekerasan terakhir, yang mengadu pasukan yang setia kepada Saleh melawan suku berpengaruh Hashed yang dipimpin oleh Sadeq al-Ahmar, adalah yang paling berdarah sejak demonstrasi pro-demokrasi meletus pada Januari dan dipicu oleh penolakan Saleh untuk menandatangani perjanjian pengalihan kekuasaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.